Fitur Dan Kelebihan Android P Sebagai Sistem Operasi Baru

Tags

Sistem operasi Android sebagai penopang utama dalam setiap brand ponsel di dunia. Basis utama atau cikal bakal android adalah Linux yaitu sebuah sistem operasi Open Source dengan kata lain alias gratis, dimana untuk memiliki dan menggunakan Linux tidak membutuhkan biaya untuk membeli Lisensi, tidak seperti sistem operasi Windows yang harus berbayar dengan biaya atau harga lisensi yang cukup menguras dompet.
fitur dan kelebihan android P sebagai sistem operasi baru

Google sebagai pemilik Android telah sukses menghadirkan beberapa jenis dan versi android yang perlu anda tahu, agar kita sebagai pengguna dan pemakai tahu mulai dari versi pertama sampai versi yang terbaru.

1. Apple Pie atau Alpha V1.0
Versi ini adalah versi yang pertama, yang dirilis pada tanggal 23 september 2008.

2. Banana Bread
Rilis pada bulan Februari tahun 2009. Versi ini merupakan versi yang kedua dan merupakan  sistem operasi yang pertama kali digunakan oleh HTC pada posel yang diberi nama Dream.

3. Cupcake
Dalam versi ini, google untuk pertama kali dan mulai mengambil nama makanan sebagai nama sistem operasi android. Pada versi cupcake, google mulai memperlihatkan kecanggihan sistem operasinya.

4. Donut
Pada bulan september 2009 lahirlah Android Donut sebagai versi yang lebih baik dari cup-cake. Pada versi ini telah dilakukan beberapa perbaikan kesalahan serta hadirnya fitur baru yaitu Navigasi Turn by Turn.

5. Eclair
Versi eclair merupakan versi yang lebih baik lagi dari versi Donut karena pada versi ini mendukung Bluetooth versi 2.1 serta fitur yang lebih banyak seperti Multi Touch, Live Wallpaper dan Blitz pada kamera. Untuk rilis nya, eclair dirilis pada bulan Oktober 2009.

6. Forzen Yogurt
Pada versi ini mempuyai sebutan yang lebih sering digunakan yaitu Froyo. Froyo mempunyai kelebihan sendiri yaitu peningkatan kinerja dengan melakukan penambahan script Google Chrome sehingga membuat froyo menjadi lebih cepat. Sedangkan untuk rilisnya terjadi pada bulan mei 2010.

7. Gingerbread
Brand handphone yang pertama kali menggunakan versi ini adalah merek terkenal yaitu Smartphone Nexus yang diproduksi oleh Samsung. Perbedaan versi ini dengan Froyo terletak pada fitur yang telah disematkan pada Gingerbread seperti NFC, Internet Calling dan Download Manager.

8. Honeycomb
Launching pada bulan Februari 2014, honeycomb pada tahun 2014 merupakan sistem operasi Android yang dikhususkan untuk Tablet. Bukan tanpa alasan ini disebabkan oleh maraknya peminat dan pengguna tablet pada tahun itu.

9. Ice Cream Sandwich
Hal yang paling mencolok dari Ice Cream Sandwich yaitu sistem operasi ini mampu beroperasi dan berjalan disemua jenis ponsel pintar. Selain itu Ice Cream Sandwich sudah bisa melakukan Multitasking dan notifikasi pemberitahuan yang lebih baik dan banyak.

10. Jelly bean
Hadir pada tanggal 27 Juni 2014, Jelly bean lebih User Interface, elegan dan adanya fitur Google Search.

11. KitKat
Dirilis pertama kali pada tanggal 31 oktober 2013 dengan fitur seperti Immersive mode, pembaharuan multitasking yang lebih halus, emoji, wireless printing, tampilan album art ketika lockscreen.

12. Lollipop
Rilis 2014 dan merupakan OS (Operating System) yang pertama kali digunakan pada Google Nexus 6 dan mempunyai design baru secara keseluruhan, notifikasi yang lebih pintar, android kill switch dll.
 
13. Marshmallow
Android 6.0 yang diberi nama marshmallow mempunyai banyak fitur yang luar biasa seperti Modus Doze, Fingerprint, support USB Type C,  Google Now dll.

14. Nougat
Kelebihan dari Android 7.0 seperti pembaharuan pada modus doze menjadi lebih baik, google Assistant sebagai pengganti google now, melakukan split screen ketika sedang melakukan multi tasking dan yang paling penting Nougat sudah sudah support virtual reality.

15. Oreo
Android Oreo V8.0 yang biasa disebut Android O diperkenalkan pada tanggal 22 agustus 2017 dan mempunyai fitur emoji yang lebih baik, picture in picture, penyempurnaan app shortcuts, teks cerdas dan lebih pintar.

16. Android P
Sekarang google sudah resmi memperkenalkan generasi terbaru dari Android yang diperkenalkan pada acara Google I/O awal bulan Mei di California. Android P adalah nama yang diberikan oleh google dan merupakan generasi ke 9.

Android P sudah berada pada versi beta yang terakhir dan tidak menutup kemungkinan akan hadir pembaharuan yang lebih baik dan canggih karena dari pihak google sendiri sudah menjanjikan fitur cerdas yang akan semakin membuat pengguna merasa lebih nyaman.

Berikut fitur dan kelebihan yang akan kamu temukan pada Android P :

1. Adaptive Technology
Teknologi adaptif adalah teknologi cerdas yang akan menyesuaikan, memantau penggunaan batrai dan cahaya. Jika ada aplikasi yang jarang digunakan maka akan dimatikan secara otomatis sehingga tidak heran kalau teknologi adaptif diklaim mampu menghemat daya batrai sampai 30%.

2. Slices
Merupakan fitur antarmuka yang bisa menampilkan pencarian secara otomatis dengan keyword atau kata tertentu sehingga akan langsung diarahkan ke mesin pencari  Google.

3. Navigasi Dalam Ruangan
Cara kerja dari fitur ini adalah sebagai penuntun dalam mencari jalan, tempat didalam ruangan yang mempunyai area yang luas seperti Mall, gedung dll.

4. App Action
Fitur app action akan bekerja sesuai dengan kebiasan yang dilakukan oleh pengguna sehingga akan menampilkan aktivitas yang paling sering kamu lakukan khususnya dalam aktivas telpon, penggunaan aplikasi yang paling sering digunakan.

5. Tampilan Notch
Notch atau poni merupakan sebuah tampilan baru pada layar dan user dapat memilih menu cutout display sehingga layar akan terpotong dan terlihat seperti poni.

6. Support Multi Kamera
Dengan adanya API Multicamera akan membuat dukungan terhadap smartphone yang sudah menggunakan multi kamera. Kebetulan multi kamera emang lagi trend dan viral dikalangan produsen ponsel pintar. API Multicamera akan menghasilkan efek Bokeh yang lebih baik.

Memang sampai detik ini pihak Google belum memberikan keterangan yang jelas dan masih merahasiakan kepanjangan dari Android P. Namun dari kabar terbaru telah beredar screenshot dari percakapan antara pegawai Huawei dengan seorang kosumen dan tanpa sengaja pengawai ini memberikan sebuah jawaban yang begitu mengejutkan tentang pertanyaan kosumennya dimana kosumen ini menanyakan apakah posel P9 akan mendapatkan dukungan Android Oreo atau tidak.

Dari jawaban staff Huawei yang mengirimkan rincian yang terlalu detail sehingga terlihat jelas nama Android P adalah Pistachio Ice Cream. 

Artikel Terkait