Tips Cara Membuat Ponsel HP Android Tetap Kencang Dan Anti Lemot

Tags

Smartphone Android mempunyai daya tarik tersendiri di dalam ketatnya persaingan ponsel pintar apa lagi Android merupakan salah satu pesaing kuat untuk sistem operasi yang lain seperti IOS, Windows Phone dan lain-lain. 

Namun secanggih apa pun perangkat ponsel yang kita gunakan tidak akan menjamin ponsel kamu untuk tetap stabil dan konsisten dalam hal rasa, sentuhan dan kecepatan. Ini di sebabkan oleh penggunaan yang terus-menerus sehingga akan membuat HP anda mengalami penurunan mulai dari fisik dan khususnya kecepatan. 

Saya yakin kita semua sudah merasakan dan mempunyai pengalaman tentang bagaimana ponsel dengan brand dan merek yang bagus mulai mengalami penurunan dalam hal kecepatan. 

Sebenarnya terjadinya penurunan kecepatan pada ponsel android yang kita gunakan di sebabkan oleh kurangnya pengetahuan tentang hal-hal penting yang harus kamu tahu supaya android kamu tetap ngebut seperti semula atau pada awal pemakaian.
Berikut tips cara membuat ponsel android kamu tetang kencang : 

Install/Pasang Aplikasi Sesuai Kebutuhan Anda
Mungkin hal ini terdengar sederhana tapi mempunyai efek dan akibat yang sangat patal bagi hp android kamu. Jadi saya sarankan untuk tidak asal ikut-ikutan pasang aplikasi jika tidak anda butuhkan, kamu harus selektif dalam memilih aplikasi biar sesuai dengan kebutuhan pokok anda dengan begitu akan membuat ponsel android kamu tetap nyaman di gunakan serta kecepatan akan selalu terjaga dan stabil. 

Uninstall/Hapus Aplikasi Yang Jarang atau Tidak Pernah Di Gunakan
Lakukan langkah ini jika memang ada aplikasi yang jarang atau tidak pernah kamu gunakan seperti aplikasi bawaan ponsel namun biasanya aplikasi bawaan vendor hp jarang bisa di hapus terkecuali ponsel anda harus di root duhulu tapi tenang saja masih ada cara lain untuk mengatasi aplikasi bawaan yaitu dengan cara disable (settings > Apps setelah itu pilih aplikasi dan tekan Disable). 

Gunakan App Yang Ringan
Sekarang sudah banyak App yang ringa  dan biasanya App ini di tandai dengan akhiran nama Lite. Beberapa platform penyedia aplikasi sudah menyediakan app versi ringan sehingga akan membuat ponsel anda tetap dalam performa normal dan bagus. Apa lagi jika RAM bawaan HP kamu memang terbatas sangat cocok menggunakan App versi Lite.
Contohnya seperti Facebook Lite, Youtube Go, Twitter Lite, Skype Lite

Gunakan Wallpaper Biasa atau Standard
Jangan salah dengan menggunakan wallpaper bawaan atau yang biasa bisa menghemat batrai dan kinerja ponsel kamu dan jangan menggunakan Live wallpaper karena akan mempengaruhi kinerja seperti lambat, boros batrai dll.

Selalu Perbaharui App Anda
Usahakan untuk selalu memperbaharui aplikasi anda karena dengan begitu akan membuat performa ponsel anda tetap terjaga. Dengan melakukan update secara berkala akan mengurangi kesalahan pada aplikasi dan membuat aplikasi menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Artikel Terkait